Berita

Talk Show Fakultas Syariah: Pendidikan Hukum Akan Selalu Dibutuhkan

Pendidikan dalam bidang hukum akan selalu dibutuhkan di masa yang akan datang. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam sambutan pembukaan Talk Show yang digelar Fakultas Syariah di salah satu hotel di Jayapura, 31 Juli 2021.

“Kita bisa melihat permasalahan di ruang publik sering berujung pada pengadilan, nah, maka di sinilah peran penting penguasaan wawasan di bidang hukum,” ujarnya.

Rektor membuka Talkshow didampingi Wakil Dekan II dan Ketua Panitia

Untuk itu, pendidikan di bidang hukum akan selalu dibutuhkan dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat. “Keberadaan Fakultas Syariah dengan semua program studinya menjadi penting untuk terus dipertahankan, tinggal bagaimana kita memberi sosialisasi atau pemahaman kepada masyarakat tentang berharganya pendidikan di bidang hukum ini,” tuturnya.

Dalam konteks kemajuan fakultas di masa depan, Rektor meminta seluruh elemen untuk bersinergi. “Mari kita perkuat koordinasi antara semua unit-unit yang terkait dengan Fakultas Syariah seperti Lembaga Penjamin Halal, Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Islam, dan lainnya,” terangnya.

Wakil Dekan II Fakultas Syariah Dr. Thohar Al-Abza, MA menyampaikan bahwa sebagian masyarakat kerap mendapatkan pemahaman yang tidak tepat tentang persyaratan menjadi mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Kami sering mendengar keluhan dari orangtua calon mahasiswa, bahwa jika mau mendaftar kuliah di Fakultas Syariah harus sudah bisa membaca kitab, nah, padahal tidak seperti itu, justru kami akan mengajari adik-adik di sini agar bisa membaca kitab dari awal,” tegasnya mewakili Dekan.

Ia berharap para calon mahasiswa dapat mencari informasi yang lebih tepat dengan datang langsung ke kampus IAIN Fattahul Muluk Papua.

Ketua Panitia Talk Show Dr. H. Moh. Wahib, Lc, MA mengatakan, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Dr. H. Khaerudin, M.Hum dan Iwan Niode, SH, MH dari PERADI Papua. “Salah satu tujuan acara ini untuk mendalami peluang, prospek, dan tantangan Fakultas Syariah di masa depan,” urainya.

Talk Show yang diikuti berbagai tokoh masyarakat ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan.

 (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Berita ini sudah tayang sebelumnya di berita iainfmpapua.ac.id

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.